0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sepur Kelinci Nekat Angkut Penumpang akan Ditindak

Sepur kelinci (dok.timlo.net/gg)

Sukoharjo — Satuan Lalulintas Polres Sukoharjo telah melayangkan surat pemberitahuan kepada 20 operator sepur kelinci. Kendaraan yang dimodifikasi mirip kereta ini tidak diperbolehkan untuk mengangkut orang di jalan raya, karena tidak laik jalan dan membahayakan para penumpangnya. Mereka akan ditindak tegas jika tidak mengindahkan surat pemberitahuan.

“Sepur kelinci ini tidak laik jalan dan sangat membahayakan jika digunakan untuk mengangkut penumpang jadi akan kita tindak tegas. Dan kita sudah mengirimkan surat pemberitahuan kepada para pembuat sepur kelinci yang ada di Sukoharjo,” kata Kasat Lantas Sukoharjo AKP Finan Sukma Radipta, Jumat (12/5).

Satlantas sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dalam menindak tegas sepur kelinci yang digunakan untuk mengangkut penumpang di jalan protokol maupun di jaur-jalur kecamatan. Hal ini dikarenakan sepur kelinci merupakan kendaraan umum yang tidak memiliki standar kelaikan jalan sesuai yang dikeluarkan Dinas Perhubungan.

Sementara itu pihak pembuat sepur kelinci mengaku hanya membuat berdasarkan pesanan yang ada, sehingga tidak pernah digunakan sendiri. Bahkan pesanan hingga berasal dari Jawa Timur maupun lokal Sukoharjo, sehingga mereka tidak tahu peruntukannya seperti apa.

“Yang jelas sudah kita beritahukan kepada pemilik atau pembuat sepur kelinci ini bahwa tidak boleh digunakan untuk mengangkut penumpang di jalan raya. Namun jika digunakan di tempat wisata masih boleh, jadi kita juga punya dasar penindakan ini bukan asal-asalan saja,” tandasnya.

Sepur kelinci sendiri menjadi kendaraan alternatif pilihan warga masyarakat sebagai armada angkut untuk jalur yang tidak terlalu jauh. Meskipun mempertaruhkan nyawa karena tidak dilengkapi standar keamanan, kendaraan ini dipilih karena murah dan sekali jalan bisa mengakut banyak orang.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge