0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Harga Bawang Putih Kembali Meroket

Pedagang bawang putih (merdeka.com)

Timlo.net – Harga bawang putih melonjak hingga 60.000 per kilogram (Kg) di sejumlah wilayah Jawa Tengah (Jateng). Penyebabnya, karena stok komoditas bumbu tersebut terbatas.

Beberapa pedagang mengatakan harga bawang putih diperkirakan akan naik lagi karena persediaan komoditas tersebut terus berkurang.

“Kenaikan harga bawang putih ini sudah terjadi sejak bulan sebelumnya. Pada bulan sebelumnya harga bawang putih hanya Rp 50.000/kilogram kemudian naik menjadi Rp 54.000 dan kini bertahan Rp 60.000 per kilogram,” kata pedagang bumbu dapur di pasar tradisional Pekalongan, Nurahmah, Rabu (10/5).

Dia mengatakan para pedagang tidak mengetahui persis terjadinya kenaikan harga bawang putih apakah karena kondisi cuaca atau pengaruh permintaan komoditas bumbu itu menjelang Ramadan.

“Yang jelas dengan kenaikan harga bawang putih ini cukup menyulitkan kami untuk berjualan komoditas itu,” katanya.

Dia berharap, kenaikan harga bawang putih itu bisa secepatnya stabil lagi agar tidak menimbulkan keraguan dan kekhawatiran para pedagang untuk berjualan komoditas bumbu tersebut.

“Kami takut merugi dengan kenaikan harga bawang putih. Selain itu, kami juga kesulitan menyetok komoditas ini untuk mencukupi kebutuhan masyarakat terhadap bawang putih,” katanya.

Anggota Tim Pengendali Inflasi eks-Keresidenan Pekalongan, Joni Marsius, mengatakan tingginya harga bawang putih hampir merata terjadi di pasaran eks-Keresidenan Pekalongan.

“Saat ini, bawang putih masih mengimpor sehingga harganya naik,” katanya.

Kepala Bagian Perekonomian Kota Pekalongan Betty Dahfiani Dahlan mengatakan pemkot berencana melakukan kegiatan pasar murah sebagai upaya mengantisipasi gejolak kenaikan harga bahan kebutuhan pokok menjelang Ramadan.

“Rencannya kami akan melakukan kegiatan pasar murah ini pada 29 Mei 2017. Pada pasar murah ini, kami sediakan bahan kebutuhan pokok dengan harga relatif cukup murah,” katanya.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan akan menetapkan harga bawang putih sekitar Rp 38.000 per kilogram (kg) di tingkat konsumen. Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita telah melakukan pertemuan dengan para importir bawang putih. Hasil dari pertemuan tersebut, Mendag mewajibkan para importir untuk mengeluarkan stok yang dimiliki untuk menekan harga bawang putih.

[bim]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge