0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Guru SMKN 2 Sukoharjo Raih Gelar Doktor UNS

Dwi Susilowati, guru SMK Negeri 2 Sukoharjo (tyo eka)

Solo – Dwi Susilowati, guru SMK Negeri 2 Sukoharjo meraih gelar Doktor ke 269 Universitas Sebelas Maret (UNS). Ia  berhasilkan nilai 3,54 dengan predikat sangat memuaskan.

“Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambilkan kesimpulan antara lain, buku ajar yang berkualitas harus memenuhi empat kriteria, yakni kesesuaian isi dengan kurikulum, penyajian materi, keterbacaan dan grafika,” ungkap Susilowati di depan Dewan Penguji yang dipimpin Prof Drs Sutarno MSc PhD di ruang sidang Rektorat UNS, Solo, Selasa (9/5).

Bahan ajar, lanjut dia, harus sesuai dengan standar kompetensi, kompetensi dasar, indicator pencapaian kompetensi, dan tujuan pembelajaran. Penyajian materi diawali dengan indikator atau tujuan pembelajaran, pengantar uraian materi, naskah cerpen, dan latihan soal-soal.

Selain itu, kata Susilowati, buku ajar yang digunakan harus sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa. Diantaranya, memuat topik-topik aktual sesuai dengan kehidupan siswa sehari-hari, mengandung nilai-nilai didik atau nilai-nilai moral yang mampu mempengaruhi perilaku siswa dalam rangka pembentukan karakter, dan sebagainya.

Dalam disertasi yang berjudul Pengembangan Buku Ajar Apresiasi Cerpen Dengan Pendekatan Kontekstual Sekolah Menengah Pertama di Wilayah Surakarta, Susilowati mengemukakan dalam pembelajaran apresiasi cerpen dibutuhkan buku ajar yang memadai.

Susilowati mengungkapkan, penelitian ini dilakukan melalui tahapan, eksplorasi, pengembangan, dan pengujian, Melalui tahapan tersebut, dirancang sebuah Buku Ajar Apresiasi Cerpen dengan Pendekatan Kontekstual di SMP yang meliputi konstrukstivisme, inkuiri, masyarakat belajar, bertanya, pemodelan, refleksi dan penilaian otentik.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge