0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Banjir Membuat Mapolsek dan Asrama Polisi Terendam

ilustrasi banjir (merdeka.com)

Timlo.net — Banjir merendam ratusan rumah di Kelurahan Merdeka, Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, dalam 3 hari terakhir ini. Ketinggian air rata-rata mencapai satu meter. Banjir juga melumpuhkan pelayanan Mapolsek Samboja.

Keterangan diperoleh, banjir mulai merendam rumah warga sejak Sabtu (6/5) usai hujan dengan intensitas tinggi terjadi sehari sebelumnya, Jumat (5/5). Hujan deras berimbas meluapnya Sungai Merdeka di Kelurahan Merdeka.

“Ya, di Samboja banjir. Kantor Polsek Samboja dan asrama polisi juga ikut terendam sekitar 50 sentimeter. Sekarang sudah hari ketiga banjir di sana,” kata Kasubbag Humas Polres Kutai Kartanegara Iptu Sabar, Selasa (9/5).

“Praktis, tidak ada pelayanan kepada masyarakat ya karena kantor kebanjiran. Tapi, personel Polsek tetap membantu proses evakuasi warga yang mengungsi sejak Senin (8/5) kemarin ya. Juga terus patroli siang dan malam hari, antisipasi gangguan kamtibmas,” ujar Sabar.

BPBD Kutai Kartanegara melansir, banjir merendam ratusan rumah dihuni 172 KK atau sekitar 437 jiwa di kelurahan Sungai Merdeka. Sedikitnya 7 RT terdampak banjir.

“Sudah ada didirikan posko bantuan banjir, kita tempatkan di salah satu RT yang terdampak banjir,” kata Kepala BPBD Kutai Kartanegara Kusuma Wardhana, saat dikonfirmasi.

Wardhana merinci, wilayah yang terendam banjir seperti di RT 22 45 KK atau sekitar 131 jiwa, di RT 21 3 KK sekitar 11 jiwa, RT 12 sebanyak 8 KK sekitar 40 jiwa, RT 3 1 KK sekitar 3 jiwa, RT 10 sekitar 15 KK atau 50 jiwa, RT 18 berjumlah 1 KK dan RT 02 1 KK masing-masing 1 jiwa.

“Tambahan dari inventarisir di lapangan, di RT 01 berjumlah 98 KK atau sekitar 200 jiwa,” sebut Wardhana.

Wardhana juga menyebutkan, curah hujan di wilayah Samboja dan sekitarnya, di atas rata-rata curah hujan normal. Dari pantauan curah hujan di stasiun Samboja, pada 4 Mei terpantau 158 milimeter, 7 Mei terpantau 120 milimeter.

“Hari Senin, tanggal 8 Mei kemarin juga terpantau curah hujan sebesar 102 milimeter,” ucap Wardhana.

[noe]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge