0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kuras Isi Kamar Hotel, Dua Pemuda Diringkus

Kanitreskrim Polsek Laweyan Kompol Sajimin (kanan) memeriksa dua pelaku kasus pencurian (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Dua pemuda ditangkap setelah aksi pencurian yang dilakukan di sebuah kamar hotel di Kawasan  Jajar, Laweyan, Solo terbongkar. Dua pelaku, yakni Filipus Arya Dilaga (21) warga Surabaya dan Kukuh Adi Waluyo (22) warga Bojonegoro, Jawa Timur ini berpura-pura dengan menyamar sebagai pengguna atau penyewa kamar hotel untuk melancarkan niatnya.

“Jadi, keduanya menyewa kamar lalu menguras isi kamar hotel tersebut,” terang Kapolsek Laweyan Kompol Santoso, Selasa (9/5) siang.

Peristiwa bermula, saat kedua pelaku menyewa kamar dengan menggunakan KTP atas nama Stiven, warga Bandung di hotel Kawasan Jajar, Laweyan pada Sabtu (29/5) pagi. Setelah mendapat izin sewa, keduanya akhirnya memasuki kamar. Selang sehari setelahnya, pengelola hotel kaget lantaran sejumlah barang di kamar tersebut raib. Barang yang hilang di antaranya, seprai, bantal, selimut, kasur lipat, dan alat pemanas air dengan total kerugian senilai Rp 2,7 juta.

“Kedua pelaku ini datang dengan menggunakan mobil rental jenis Toyota Avansa. Setelah itu check in. Saat telah selesai menggunakan kamar, keduanya tidak pamit kepada receptionis. Selang sehari, pengelola hotel kaget lantaran ada barang yang hilang,” jelas Kapolsek.

Dari hasil olah TKP yang dilakukan, polisi melakukan pemeriksaan terhadap KTP yang digunakan pelaku. Ternyata, KTP yang digunakan adalah KTP palsu. Lalu, pemeriksaan dilanjutkan dengan memeriksa CCTV. Dari sinilah, kedua pelaku berhasil dibekuk di dua tempat berbeda.

“Kukuh berhasil ditangkap di Kawasan Baki, Sukoharjo. Sedangkan temannya di tangkap di Malang, Jawa Timur,” ungkap Kapolsek.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, rencananya barang curian dari hotel tersebut akan digunakan sendiri.

“Tidak dijual, hanya untuk dipakai sendiri untuk ngisi kontrakan,” jelas Kukuh.

Akibat perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 363 KUHP tentang Curat dengan ancaman hukuman sembilan tahun penjara.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge