0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Curi Ikan di Laut Indonesia, ABK Asing Pakai KTP Palsu

ilustrasi nelayan (merdeka.com)

Timlo.net – Banyak modus yang dilakukan oleh kapal asing untuk mencuri ikan di laut Indonesia. Salah satu cara yang dilakukan adalah memalsukan kartu identitas seperti kartu tanda penduduk (KTP) untuk berpura-pura sebagai warga negara Indonesia.

“Potensi laut ini banyak dimanfaatkan negara tetangga kita. Kita bekerja mengelola ala kadarnya dan tidak ada gambaran yang clear dan jelas untuk masyarakat sebenarnya apa yang ada di laut. Ada ABK asing, ABK dari Filipina dengan KTP palsu,” ujar Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti di Jakarta, Selasa (8/5).

Besarnya potensi laut Indonesia memang menjadi pemikat bagi pelaku bisnis perikanan. Namun, apabila tidak dijaga dan dilestarikan kemungkinan besar generasi mendatang tidak akan merasakan hasil alam sendiri.

“Laut itu tak banyak yang tahu. Banyak investor yang tidak mau turun ke laut karena mereka tak tahu potensi di laut. Sekarang mereka terbuka,” tuturnya.

“Laut merupakan sumber daya yang can’t be renewable. Kalau tidak dijaga ya akan habis,” tambahnya.

Menteri Susi berjanji akan terus mengawal sumber daya perikanan Indonesia aman dari pencurian ikan. Selain itu, dia berjanji akan mengungkap oknum yang berani bermain-main mencuri hasil laut Indonesia.

“Ini akan jadi tugas kita,” ungkapnya.

[bim]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge