0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

1200 Aparat Gabungan Amankan Demo di IAIN

Demo di IAIN Surakarta (dok.timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Aksi unjuk rasa yang dilukan oleh sejumlah elemen Islam di depan Kampus IAIN Surakarta, Kartasura, Sukoharjo mendapat pengawalan 1200 aparat gabungan. Hal ini dikarenakan dalam surat pemberitahuan kepada kepolisian, peserta aksi menolak bedah buku Islam Tuhan Islam Manusia akan diikuti 3000 demonstran.

” Kita mengerahkan sekitar 1200personil gabungan TNI polri dari polres se Soloraya untuk mengamankan jalannya kegiatan dan aksi unjuk rasa. Kenapa kita menurunkan banyak personil, karena dalam pemberitahuan kepada kami, unjuk rasa akan diikuti 3000orang,” kata Kapolres Sukoharjo AKBP Ruminio Ardano, Selasa (9/5).

Pengamanan dilakukan atas surat permohonan dari pihak Kampus IAIN dikarenakan adanya potensi gangguan keamanan kampus. Meskipun acara talkshow dan bedah buku Islam Tuhan Islam Manusia ini murni kegiatan akademik yang rutin digelar pihak kampus.

Sementara itu pihak panitia dari DEMA IAIN menyatakan tidak ada tendensi untuk mengakomodir faham tertentu dalam kegiatan bedah buku ini. Karena sebelumnya juga sudah mengadakan kegiatan serupa denga narasumber berbeda dan hanya sebatas kegiatan akademik untuk proses pembelajaran bagi mahasiswa.

” Kita tidak ada maksud untuk mengakomodir atau memberikan pemahaman tertentu kepada mahasiswa. Dan tadi juga disampaikan pak Haidar Bagir kalau beliau bukan penganut faham Syiah seperti yang disangkakan para pendemonstran,meskipun itu di luar ranah kami,” tandas Ketua DEMA IAIN, Huda Rahman Hakim.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge