0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ditarget Tiga Bulan, Semua Desa Harus Punya Perdes SOTK

Pelantikan Kepala Desa (dok.timlo.net/agung widodo)
Sragen — Pemerintahan Desa (Pemdes) diminta segera menyiapkan rancangan peraturan desa (Perdes) tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemdes. Sesuai Peraturan Bupati (Perbup) No. 20/2017 tentang SOTK sudah mengamanatkan waktu tiga bulan bagi desa untuk menyelesaikan Perdes dan penataan SOTK.
“Yang harus dilakukan desa adalah segera membuat Rancangan Perdes tentang SOTK. Rancangan itu agar dimusyawarahkan dan dibahas bersama dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD),” kata Kabag Pemdes Setda Sragen, Suhariyanto, Senin (8/5).
Hariyanto mengatakan, dalam Perbup 20/2017 tersebut dijelaskan, tenggat waktu untuk penataan SOTK sudah ditetapkan tiga bulan sejak Perbup dikeluarkan pada17 April kalu. Sehingga paling lambat  pada tanggal 17 Juli, semua desa harus sudah menyelesaikan Perdes SOTK.
“Tanggal 17 Juli atau tiga bulan sejak Perbup diundangan, semua harus selesai,” jelasnya.
Lebih lanjut Hariyanto menjelaskan, rancangan Perdes itu di dalamnya memuat klasifikasi desa dan mekanisme penataan SOTK Perangkat Desa sebagaimana yang diatur dalam Permendagri tentang Profil Desa.
 Dalam Permendagri tersebut klasifikasi desa dikelompokkan dalam tiga jenis, yaitu desa swasembada, swakarya dan swadaya. Penentuan klasifikasi itu didasarkan pada jumlah penduduk,
luas wilayah, kondisi geografis dan sosial ekonomi.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge