0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mobil Rombongan Sandiaga Uno Terobos Jalur Busway, Ini Reaksi Ahok

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Mobil rombongan Wakil Gubernur DKI terpilih Sandiaga Uno melintas jalur Transjakarta atau busway saat hendak merayakan kemenangannya di Posko Cicurug, Jakarta Pusat. Sandiaga saat itu baru saja dari kantor KPU DKI Jakarta.

Tak hanya melintasi jalur Transjakarta, mobil rombongan Sandiaga yang dikawal itu juga menerobos lampu lalu lintas berwarna merah saat menuju lokasi kegiatan selanjutnya.

Menanggapi itu, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengklaim tidak pernah sekalipun menerobos jalur bus TransJakarta, sekalipun macet melanda. Dia mengaku dalam beberapa kesempatan terpaksa harus menggunakan moda transportasi milik Pemprov DKI Jakarta agar cepat sampai tujuan.

Basuki atau akrab disapa Ahok ini mengatakan, Pemprov DKI sedang mengampanyekan sterilisasi jalur bus TransJakarta. Sehingga hanya pejabat negara seperti presiden, wakil presiden dan menteri yang bisa menggunakan jalur khusus tersebut.

“Enggak (pernah menerobos jalur TransJakarta) ah. Macet ya macet. Kan kita larang-larang masuk busway. Ya kita harus disiplin bahkan Pak Jokowi, kita kasih pelat RI boleh masuk busway. Khusus yang RI, Pak Jokowi pun enggak pernah masuk karena kita ingin steril,” kata Ahok, di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (8/5).

Dia mengungkapkan, jika semua orang dapat sembarangan menerobos jalur TransJakarta maka warga pengguna moda transportasi umum tersebut akan mengeluh. Bahkan, mantan Bupati Belitung Timur ini mengaku lebih memilih naik Transjakarta saat terkena kemacetan.

“Kalau busway steril orang akan suka naik bus. Saya saja kalau macet mau ke selatan saya berapa kali naik busway. Naik bus TransJakarta. Justru kesal kalau sudah naik busway tetapi macet di jalanan,” jelasnya.

Ahok menerangkan, konsep busway itu adalah memberikan jalan yang lancar bagi pengguna moda transportasi umum. Selain itu memberikan akses jalan bagi ambulans ataupun pemadam kebakaran saat harus bergegas.

“Kalau macet orang butuh ambulans, kecelakaan atau apapun yang buru-buru, yang penting ya, semua boleh pake. Tetapi itu juga buat pejabat RI, saya pun gubernur gak boleh pakai,” tutupnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sempat menegur Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Salahuddin Uno. Alasannya karena pengusaha muda itu sempat menggunakan jalur bus TransJakarta usai menghadiri Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih 2017-2022 pada Jumat (5/5) lalu.

Sandiaga mengatakan, tidak menyangka jika kekeliruannya itu akan menjadi sorotan Prabowo. Karena kala itu, dia tengah menuju pesta kemenangan dalam Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2017 bersama dengan relawan di Posko Kemenangan Cicurug.

“Pak Prabowo mengingatkan belum dilantik, sudah menerobos busway,” katanya di Jalan Tirtayasa II No 12, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (7/5). [eko]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge