0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tekan Kebocoran Air, PDAM Terjunkan Tim 18

Karanganyar – PDAM Tirta Lawu Karanganyar mengurai jaringan pipa penyalur air bersih dari reservoir ke pelanggan untuk mendeteksi kebocoran. Tugas ini diampu tim 18.

“Tim itu beranggota teknisi dari PDAM. Cara mendeteksi kebocoran air dengan cara mendatangi pelanggan yang mengeluh airnya seret. Kemudian menelusuri di mana yang salah. Kebanyakan temuannya berupa pipa sudah tua dan sambungan antarpipa kurang bagus,” kata Dirut PDAM Tirta Lawu, Prihanto kepada wartawan, kemarin.

Akumulasi permasalahan itu cukup banyak menyumbang tingkat kebocoran air hingga 30 persen. Dikatakannya, itu di atas angka wajar kebocoran 20 persen.

Saat ini, PDAM tengah mengganti pipa ukuran pipa distribusi air bersih ke pelanggan dari semula 2 inchi ke ¾ inchi. Area penggantian bakal menyeluruh, namun secara bertahap seperti yang sudah dilakukan di Kodokan, Kadipiro dan Cangakan.

“Butuh anggaran tidak sedikit meremajakan semua pipa. Kita lakukan secara bertahap dengan memprioritaskan pada keluhan pelanggan dulu,” katanya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge