0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Fakultas Ilmu Budaya UNS Gelar Festival Teater Goenoeng Kendhil

Solo – Fakultas Ilmu Budaya (FIB) bekerjasama dengan Panitia Dies Natalis ke-41 Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar Festival Teater Tradisi Mahasiswa, Sabtu (8/5) siang hingga malam di Aula Fakultas Hukum UNS, Solo. Tema yang diambil adalah Goenoeng Kendhil.

“Festival Teater kali ini sebagai bentuk kepedulian terhadap seni teater tradisional yang semakin terlupakan di berbagai kalangan terutama mahasiswa karena proses modernisasi zaman,” ungkap Prof Sahid Teguh Widodo selaku ketua penyelenggara kepada wartawan, di Kampus UNS, Solo, Minggu (7/5).

Sahid mengatakan, festival teater tradisi ini merupakan pertama kalinya diselenggarakan di FIB dengan ikon Goenoeng Kendhil. Goenoeng Kendhil sejarahnya memang luar biasa diekspos dalam berbagai event dan menjadikan branding kebudayaan di UNS menuju world class university UNS tetap mempertahankan identitas budayanya.

Kelompok teater yang turut memeriahkan festival teater tradisi ini yakni, STATUS UNESA (Seni Teater Tradisi UNESA Sendratasik) dengan lakon “Sarip Tambak Oso”, UGM dengan lakon “Maling Malih” dan KKTT Wiswakarman FIB UNS dengan lakon “Suminten Edan”. Tiap kelompok teater maksimal 15 anggota yang didalamnya pemain karawitan dan pemain. Sebagai bintang tamu Teater Ngampung dari Balekambang, Solo.

Sahid mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi, wadah dan media untuk kiprah seni dalam rangka penghargaan dan penghormatan kita terhadap lokal jenius kita.

Sementara itu, Dekan FIB UNS Riyadi Santosa mengungkapkan, FIB ikut berpatisipasi dalam mengembangkan seni teater tradisi, tidak hanya mendidik seniman dalam berkarya tapi juga mendidik masyarakat untuk bisa berpatisipasi dan sekaligus mempunyai persepeksi yang sama.

“Karena kita semua memiliki tanggung jawab bersama melestarikan dan menjaga kesenian tradisional,” ujarnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge