0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Solo Naik 46,97 Persen

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (dok.timlo.net/red)

Solo – Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke kota Solo pada periode Maret 2017 meningkat 46,97 persen. Dari total kunjungan tersebut, jumlah wisman terbanyak berasal dari warga negara Malaysia.

“Pada periode Maret total kunjungan wisman yang datang melalui pintu masuk Bandara Adi Soemarmo sebanyak 751 orang, atau meningkat dari periode sebelumnya yang hanya mencapai 511 orang,” ujar Kepala BPS Solo, R Bagus Rahmat Susanto kepada wartawan, Sabtu (6/5).

Menurutnya, lonjakan jumlah wisman tersebut karena ditopang dengan adanya rute penerbangan baru yang dilakukan oleh maskapai Air Asia dengan relasi Solo-Kuala Lumpur. Sehingga dengan adanya akses itu, banyak dimanfaatkan para pelaku bisnis maupun wisatawan yang ingin berkunjung ke Solo.

“Dari survei yang kita lakukan, wisman dari warga negara Malaysia yang paling mendominasi. Yaitu sebanyak 628 orang, kemudian disusul Thailand 23 orang dan dan Arab Saudi sebanyak 16 orang,” jelasnya.

Lonjakan jumlah wisman tersebut, lanjut Bagus juga turut mempengaruhi tingkat okupansi hotel berbintang di kota Solo. Yaitu pada periode Maret tercatat mengalami kenaikan sebesar 4,30 poin dibanding periode bulan sebelumnya, atau dari 44,78 persen menjadi 49,06 persen. Sedangkan untuk hotel non bintang mengalami kenaikan sebesar 2,30 poin, atau dari 31,56 persen menjadi 33,86 persen.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge