0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Ratusan Senpi Sitaan Diserahkan ke Polisi

Penyitaan senjata api dari perbatasan (merdeka.com)

Timlo.net — Korem 091 Aji Suryanatakesuma hari ini menyerahkan seratusan senpi rakitan yang disita di perbatasan RI, di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, dengan negara tetangga Malaysia, sejak tahun 2016. Tidak hanya senpi, peluru dari senpi itu juga berasal dari Malaysia.

Senjata api rakitan itu diserahkan ke Polresta Samarinda, terdiri dari 164 senpi laras panjang berupa penabur dan laras tunggal, 16 pistol, 1 busur panah dan 10 anak panah, 1 tombak, 136 butir amunisi penabur dan 11 bom babi.

“Ini bagian tugas pokok TNI, menghadapi serbuan teritorial. Kami melakukan pendekatan secara persuasif, memberikan kesadaran kepada masyarakat, perihal kepemilikan senpi ilegal, agar diserahkan kepada aparat yang berwenang,” kata Komandan Korem 091/ASN Brigjen TNI Makmur Umar kepada wartawan di markas Korem 091 ASN, Jalan Jenderal Sudirman, Samarinda, Jumat (5/5).

Makmur menerangkan, penyitaan juga bertujuan untuk meminimalisir tindakan-tindakan kriminal, yang tidak menutup kemungkinan terjadi di tengah masyarakat.

“Tentu, ini juga sebagai upaya membantu Kepolisian, dalam menjaga Kamtibmas. Meski memang itu senjata hasil rakitan, bisa sangat berbahaya kalau disalahgunakan,” ujar Makmur.

“Karena peluru yang digunakan berupa peluru tajam. Dari serangkaian penyerahan senpi dan penyitaan dari warga, senpi itu selama ini digunakan untuk berburu dan juga mengusir hama,” tambahnya.

“Sangat berbahaya dan mematikan. Jadi sebagai antisipasi jatuhnya korban jiwa dan penyalahgunaan, kita lakukan pendekatan, memberikan pemahaman kepada warga, bahwa kepemilikan senjata mesti sesuai undang-undang. Tidak sembarang orang bisa punya senpi,” tegas Makmur.

Masih dijelaskan Makmur, banyak senpi rakitan berasal dari perbatasan RI-Malaysia, dan juga bahan baku pembuatan senjata, termasuk peluru, berasal dari Malaysia.

“Banyak yang dari perbatasan. Dan senjata yang kami serahkan hari ini, tidak termasuk dari 2 batalion yang bertugas di perbatasan ya,” demikian Makmur.

Penyerahan senpi rakitan dihadiri Wakapolresta Samarinda AKBP Vendra Riviyanto, tokoh masyarakat dan tokoh agama Kalimantan Timur.

[cob]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge