0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pemkab Tuding Perusahaan Blusukan Tanpa Kulonuwun

Sosialisasi TMKH di Ruang Girimanik Komplek Setda Wonogiri (dok.timlo.net/tarmuji)
Wonogiri — Terkait jual beli ribuan hektar lahan warga sebagai pengganti kawasan hutan, Pemkab Wonogiri menuding PT Katwang Jaya “blusukan tanpa kulonuwun” atau tidak permisi. Tak hanya pihak perusahaan, Perhutani juga belum berkoordinasi dengan pemerintah setempat.
“Sampai saat ini tidak ada komunikasi. Semestinya memberikan pemberitahuan, minimal informasi, misalnya soal berapa lahan yang akan digunakan di Wonogiri,” kata Asisten Sekretariat Daerah Wonogiri Bidang Pemerintahan, Edi Sutopo, Jumat (5/5).
Menurut dia, ketika pemberitahuan sudah diberikan, Pemkab memiliki dasar yang kuat. Sehingga bisa memberikan penjelasan ketika ada pihak yang mempertanyakannya. Jangan sampai terjadi ketika sudah ada permasalahan, pemkab tidak mengetahui duduk perkaranya.
Dikatakan, pengadaan lahan seluas 1200 hektare itu,untuk program tukar menukar kawasan hutan(TMKH). Perusahaan membutuhkan 600 hektare pengganti milik Perhutani yang digunakan untuk berindustri di pantura Jateng.
Namun, berdasarkan ketentuan, penggantian lahan mengacu pada perbandingan 1 : 2. Sehingga ketika ada kebutuhan 600 hektare, maka yang harus diupayakan adalah 1200 hektare.
Sementara itu, Kepala Departemen Perencanaan dan Bisnis Perhutani Muhammad Widianto menyebut, Perhutani hanya memberikan pertimbangan teknis bagi lahan yang akan diajukan menjadi kawasan hutan. Sesuai prosedur, lanjut dia, Perhutani tidak memberikan surat tembusan kepeda pemerintah setempat.Setelah semua proses yang dilakukan perusahaan rampung, barulah Perhutani bergerak.
“Perhutani hingga kini masih menunggu perkembangan lebih lanjut dari proses tukar lahan. Kami ini kan cuma sebatas pengguna lahan yang ditetapkan kementerian. Di Wonogiri luasan hutan lindung mencapai 12 ribu hektare. Total luas hutan secara keseluruhan hutan adalah 20 ribu hektare,” tandas dia.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge