0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Antisipasi Banjir Solo, Korem Dapat Bantuan Alat Pembuat Biopori

Korem 074/ Warastratama mendapatkan bantuan alat pembuat biopori (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Untuk menanggulangi genangan dan ancaman bencana banjir, Korem 074/ Warastratama Solo mendapat bantuan alat pembuat biopori. Alat bantuan yang diperoleh dari Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) Kota Solo ini meliputi mesin bor pembuat lubang biopori serta pipa biopori.

“Ada 10 alat pembuat lubang biopori serta 100 pipa biopori yang kami terima,” terang Kepala Staf Korem (Kasrem) 074/ Warastratama Solo, Letkol Inf Chrisbianto Arimurti, Jumat (5/5).

Alat tersebut, kata Kasrem, akan didistribusikan ke sejumlah Kodim di Kawasan Surakarta. Mulai dari Kodim Solo, Sragen, Klaten, Boyolali, Karanganyar hingga Sukoharjo.

“Solo lima alat, dan Kodim yang lain mendapat jatah satu alat,” terangnya.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Sungai dan Pantai III BBWBS Kota Solo, Arlendenovega Satria mengatakan, bantuan alat yang diberikan merupakan program nasional Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GNKPA) yang serempak dilakukan seluruh Indonesia. Dengan dibuatnya biopori tersebut maka kadar air yang ada di permukaan dan menjadi genangan serta ancaman banjir dapat dengan cepat terserap ke tanah.

“Tahap pertama, kami berikan 100 pipa biopori. Untuk kedepan, mungkin bisa mencapai 1000 hingga 1500 pipa biopori,” kata Vega.

Pihaknya berharap, bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan secara baik untuk mengatasi ancaman bencana yang diakibatkan oleh air.

“Kami berharap, dapat berpartisipasi untuk mengurangi ancaman banjir yang tiap saat dapat terjadi,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge