0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Disangka Teroris, Menteri Ini Ditembak Mati Prajurit Negara Lain

Abbas Abdullahi. (Dok: Timlo.net/ Mirror.co.uk )

Timlo.net—Seorang menteri dari Somalia ditembak mati oleh prajurit pengawal pegawai pemerintah negara lain. Dia ditembak karena dianggap sebagai pelaku bom bunuh diri. Menteri bernama Abbas Abdullahi Sheikh Siraji, 31, adalah menteri pekerjaan umum dan pembangunan. Dia ditembak mati di dekat istana presiden di ibukota Negara Mogadishu. Negara itu sendiri sedang dilanda perang.

Saksi mata berkata jika Abbas diberondong peluru dari sebuah mobil yang dikendarai oleh Jenderal Nur Jimale Farah. Para pengawalnya menduga jika Abbas yang mengendarai mobil di belakang mereka adalah pelaku bom bunuh diri. Saat mobil itu mencapai jarak tertentu dari istana, para pengawal ini lantas menembakinya.

Abbas adalah menteri termuda dalam kabinet yang dikepalai Perdana Menteri Hassan Ali Khaire. Kabinet itu sendiri dibentuk pada bulan Maret 2017. Dia adalah salah satu pengungsi Somalia yang kembali ke negaranya tahun lalu. Dia mengungsi di kamp pengungsian di perbatasan Kenya. Di sanalah dia dibesarkan.

Keluarganya lari ke pengungsian saat dia masih anak-anak. Kala itu Negara Somalia runtuh pada 1991. Abbas dikatakan sebagai menteri paling muda dan paling cerdas. Seorang juru bicara pemerintah berkata jika dia adalah pria yang penuh energi, komitmen, kebulatan tekad, loyalitas dan nasionalisme. Abbas sekolah hingga SMA di Dabaab dan kuliah jurusan ilmu komputer di Kenya.

Pada 2011 dia kembali ke negara asalnya, Somalia karena ingin ikut membangun kembali infrastruktur negara yang runtuh karena perang dan kekeringan yang parah.

Sumber: Mirror.co.uk

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge