0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Desa Didorong Melek IT

Bupati Karanganyar Juliyatmono (dok.timlo.net/red)

Karanganyar — Pemkab Karanganyar mendorong 177 pemerintah desa/kelurahan di wilayahnya menyiapkan operator dan perangkat berbasis teknologi informasi dalam mewujudkan Smartcity. Akses cepat ke jaringan induk birokrasi dan penyediaan sarana internet gratis bagi publik merupakan pijakan menuju kota pintar.

“Pusat komando samber nyawa sistem alap-alap menjadi andalan mengakses informasi pemerintah desa/kelurahan dan OPD di sekretariat daerah. Untuk itu, instansi itu mutlak memiliki data dan infrastruktut penunjang. Saat ini, desa sudah memiliki website,” kata Bupati Karanganyar, Juliyatmono kepada Timlo.net, Kamis (4/5).

Warha bakal difasilitasi semua akses informasi terkait pemkab. Guna merealisasikannya, Pemkab akan memasang hotspot internet di masing-masing kantor desa dan kelurahan. Perangkat berbasis sistem operasi telepon pintar dapat mengaksesnya.

”Kita rencanakan melalui Smart City ini, masing-masing desa bisa memasang jaringan hotspot. Warga yang ada di wilayah tersebut bisa mengakses semua data yang ada di Pemerintahan Kabupten Karanganyar,” kata Juliyatmono.

Kepala Dinas Permasdes, Utomo Sidi Hidayat mengatakan Dana Desa potensial menjadi sumber biaya penyediaan perangkat teknoligi informasi bagi penduduk desa.

“Dana Desa dapat dipakai untuk pertanian, pemberdayaan dan fisik. Termasuk memasang hotspot internet di desa. Bermanfaat bagi warga yang ingin berbisnis online,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge