0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

WGM Datangkan Rusa Tutul dan Unta

Waduk Gajah Mungkur Wonogiri (dok.timlo.net/red)

Wonogiri — Pengelola obyek wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) mengajukan permintaan rusa tutul kepada kebun binatang Gembira Loka Yogyakarta. Pihak pengelola pun optimis, jika permintaan itu akan dikabulkan. Mengingat, populasi rusa tutul di kebun binatang itu sendiri sudah berlebih.

“Surat permintaan kami sudah disanggupi, karena memang di Gembira Loka , rusa tutul sudah over populasinya,” tutur Kepala UPT Wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM), Pardiyanto, Kamis (4/5).

Selain mengajukan permintaan di Gembira Loka, kata Pardiyanto, WGM sendiri juga mendapatkan tawaran dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) untuk merawat berbagai jenis satwa. Salah satunya adalah tawaran untuk merawat unta dari Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) dan Gembira Loka.

“Ada sekitar 11 unta yang ditawarkan. Namun, hampir semua unta yang ditawarkan berjenis kelamin betina. Hanya satu ekor pejantan, itu pun sudah tua dan kurang produktif. Malah kita minta sepasang unta yang masih muda saja. Satu jantan dan satu betina, ” kata dia.

Ditambahkan, jika benar usulan itu direalisasi, maka pihaknya akan segera mempersiapkan kandang. Pardiyanto mengatakan, kandang- kandang untuk satwa baru nantinya akan ditempatkan di bekas lapak- lapak pedagang, tepatnya disisi selatan persis didekat area tepian waduk. Namun, rencana itu dapat dilakukan setelah para pedagang sudah direlokasi.

“Jenis satwa yang pelihara disini berkembang biak dengan cepat, tahun lalu kita hanya punya tujuh ekor rusa timor, tapi saat ini berkembang menjadi 16 ekor. Tapi, ada juga hewan primata (siamang) yang kita piara mati, penyebabnya karena terinveksi penyakit dan juga faktor umur,” tandas dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge