0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Wakil Menteri Arcandra Tahar akan Beri Kuliah Umum di UNS

Budi Yulianto, dosen FT UNS (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar akan memberi kuliah umum di depan mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Universitas Sebelas Maret (UNS) di Ruang Indraprasta UNS INN, Kampus Kentingan, Solo, Sabtu (6/5). Ia akan menyampaikan materi Teknologi dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam untuk Ketahanan Energi Nasional.

“Kuliah umum ini bertujuan untuk memberikan ilmu pendidikan dan perkembangan teknologi dan pemanfaatan sumber daya alam dalam hal mengatasi permasalahan ketahanan sumber energi dan memotovasi mahasiswa maupun dosen untuk menjadi engineer yang inovatif dan kreatif,” ungkap Ketua Panitia, Budi Yulianto kepada wartawan, di Kampus UNS, Solo, Kamis (4/5).

Kuliah umum ini, menurut Budi, diawali oleh pemaparan materi sekilas mengenai peran penting ESDM, permasalahan emnergi, dan bagaimana merencanakan pembangunan berkelanjutan, sehingga dapat dikelola secara berkelanjutan. Sektor ESDM memiliki peran penting dalam pembangunan nasional, khususnya pembangunan daerah dalam rangka mendukung perekonomian daerah baik melalui sisi fiskal, moneter maupun sektor riil.

Lebih lanjut Budi yang juga dosen Fakultas Teknik Sipil mengemukakan, di Indonesia, permasalahan energi menjadi bahasan setiap tahunnya. Apalagi di era global ini, antar negara saling bersaing untuk menguasai sumber energy demi kelangsungan negaranya.

Dengan teknologi yang memadai, kata Budi, negara maju menawarkan penjualan teknologi secara kapitalisme kepada negara berkembang. Indonesia perlu memiliki kecanggihan teknologi buatan sendiri. “Hal ini menjadi tantangan kehidupan bangsa Indonesia kedepannya agar sumber daya  alam yang dimiliki dapat diolah semaksimal mungkin,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge