0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Peneliti Harvard Ungkap Satu Gerakan yang Efektif Kecilkan Perut

Plank. (Dok: Timlo.net/fitmw.com)

Timlo.net—Banyak orang beranggapan jika mereka ingin perut ramping, mereka perlu melakukan crunch atau sit up setiap hari. Bahkan ada orang yang melakukan 100 crunch setiap hari. Tapi para peneliti dari Harvard berkata jika crunch bukanlah cara terbaik memperoleh perut six pack.

Cara terbaik untuk membentuk perut ramping adalah dengan melakukan gerakan yang disebut plank. Kesimpulan ini berasal dari laporan kesehatan berjudul “Core Exercises” yang ditulis oleh Harvard Medical School.

Alasan kenapa plank lebih efektif untuk memperoleh perut ramping adalah karena gerakan itu mentarget beberapa grup otot. Sementara crunch sendiri hanya mentarget otot perut. Kelompok otot yang dilatih dengan plank meliputi perut, bagian perut kanan dan kiri dan punggung bawah. Hanya melatih otot perut ternyata tidak bisa memberikan perut yang kuat dan ramping.

“Sit up atau crunch hanya memperkuat beberapa kelompok otot. Lewat pola gerakan dinamis, sebuah olahraga perut yang baik menolong memperkuat seluruh otot perut yang digunakan setiap hari,” tulis peneliti dalam laporan itu.

Selain itu, crunch dianggap menawarkan sedikit manfaat dan terlalu keras untuk beberapa bagian tubuh. Salah satunya adalah bagian punggung. Saat Anda melakukan crunch di lantai, punggung Anda akan memperoleh tekanan. Sementara bila Anda melakukan sit up, kelompok otot yang disebut hip flexors yang bekerja. Kelompok ini merupakan kelompok otot yang berada punggung hingga paha. Jika kelompok otot ini dipaksa bekerja terlalu keras, maka tulang belakang Anda akan tertarik. Akibatnya Anda merasa sakit dan tidak nyaman di bagian punggung bawah.

Cara melakukan plank

Keuntungan utama plank adalah Anda tidak perlu peralatan tambahan. Sementara untuk melakukan crunch, Anda mungkin perlu memakai peralatan tambahan. Untuk melakukan plank, ikuti petunjuk ini. Mulailah dengan berbaring telungkup, kedua siku ditekuk tepat di bawah bahu. Kedua kaki lurus. Jagalah kedua kaki terpisah dengan jarak selebar paha. Kedua siku juga terpisah. Setelah itu kencangkan bagian perut, jagalah supaya lengan bawah tetap menyentuh lantai. Jagalah tubuh tetap lurus mulai dari kepala hingga tumit. Tahanlah posisi ini selama 30 detik. Semakin terbiasanya Anda melakukannya, tambah durasinya menjadi semenit dan seterusnya.


Sumber: Times of India.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge