0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dishub: Jalan Belakang Pasar Klewer Harus Steril Parkir

Akses Jalan Gajah Suranto dipenuhi parkir kendaraan roda dua (dok.timlo.net/indira jayendra iswari )
Solo — Kawasan Jalan Gajah Suranto atau belakang Pasar Klewer yang dijadikan lahan parkir kendaraan roda dua bakal disterilkan. Pasalnya, jalur tersebut dinilai dapat mengurai penumpukkan kendaraan dari arah Supit Urang menuju ke barat pasr. Selain itu, beberapa titik parkir telah disediakan untuk mengakomodir kendaraan pedagang maupun pengunjung. Seperti di basemenet pasar, taman parkir I, II, III, Alun-Alun Utara, maupun di lahan parkir pagelaran.

“Kawasan Klewer harus steril parkir. Kan sudah disediakan banyak titik parkir. Jadi Jalan Gajah Suranto bisa dilintasi kendaraan dari timur (Supit Urang) ke barat  menuju pasar tanpa harus lewat depan. Maka tidak ada lagi penumpukan kendaraan dan lebih tertata, mau lewat atau parkir juga lancar,” tandas Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, Sri Baskoro, Rabu (2/5).

Hal tersebut diwacanakan mengingat adanya temuan parkir kendaraan roda dua di jalan tersebut memcapai 2-3 sab. Sehingga lebar Jalan Gajah Suranto menyempit dan kendaraan bermotor harus bergantian saat mengakses jalan tersebut.

“Penataan parkir ini memang tidak bisa sekaligus dilakukan, perlu adanya sosialisasi ke pedagang dan dinas terkait. Pedagang harus punya jiwa melayani dan mengalah dengan pengunjung. Misalnya menerapkan sistem drop off atau antar-jemput. Jadi pedagang tidak perlu bawa mobil, sehingga parkir basement bisa dimanfaatkan pengunjung atau mengalah parkir di taman parkir,” nilai Baskoro.

Di sisi lain, menjamurnya titik parkir di luar lahan yang disediakan Pemkot Solo berpotensi meningkatkan kembali pedagang di taman parkir Pasar Klewer.

“Kalau taman parkir kosong, nanti malah dipakai berdagang. Kumuh dan tidak tertata, bisa timbul permasalahan baru lagi,” kata dia.

Sementara itu, menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perdagangan Kota Solo, Subagyo permasalahan parkir akan segera diselesaikan. Pihaknya menilai, jika melihat dari desain lahan parkir yang bisa disediakan oleh pasar klewer sisi timur untuk kedepannya.

“Pembangunan Klewer kan belum selesai, masih ada sisi timur yang masih akan direvitalisasi yang diprediksi siap menampung 500an kendaraan. Kedepan bisa difungsikan maksimal, sementara ini ya bisa menempati kantung parkir yang ada disekitarnya dulu,” kata Subagyo.

Disinggung soal kelebihan parkir di Jalan Gajah Suranto, Subagyo menilai parkir kendaraan bisa diarahkan masuk dalam basement. “Ini masih tahap evaluasikan, akan segera dibenahi,” pungkas Subagyo.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge