0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Inilah Caranya Apple Menjaga Kerahasiaan iPhone

Apple Store. (Dok: Timlo.net/ Google.)

Timlo.net—Apple dikenal sangat ketat menyimpan kerahasiaan iPhone baru yang akan dirilis. Mereka berusaha keras menjaga informasi berupa foto dan spesifikasi iPhone tidak tersebar. Hal ini berbeda dengan perusahaan lain yang biasanya malah memberi bocoran terkait produk baru mereka. Lantas bagaimana caranya Apple menjaga kerahasiaan produk iPhone baru mereka? Business Insider membahas hal ini.

Dejian Zeng, seorang mahasiswa New York University (NYU) berbicara kepada media ini. Dia baru-baru ini menjadi berita utama karena menyamar selama enam bulan sebagai pekerja di pabrik Pegatron di Cina. Pabrik itu merupakan pabrik yang merakit produk baru iPhone.

Menurut Zeng, dia mengaku jika di sana dia merakit iPhone 6s. Pabrik itu juga memiliki fasilitas dan infrastruktur untuk menggarap iPhone 7. Tapi fasilitas ini ditutupi tirai yang besar.

“Kami memiliki sebuah ruang loker. Di tempat itu para pekerja berganti pakaian, menaruh ponsel, kunci dan semua peralatan logam yang mereka bawa. Kami perlu menggesek kartu kami dan mereka juga punya pengenal wajah. Setelah kamu masuk, kamu perlu mengantri untuk melewati metal detektor,” ujar Zeng.

Dia juga menambahkan karena tingginya sensitivitas metal detector, dia berpikir tidak ada yang bisa menyelundupkan kamera. Bahkan para manajer yang diizinkan membawa ponsel harus membuktikkan jika mereka tidak berusaha menyelundupkan prototipe atau komponen ke luar pabrik. Walaupun keamanan ketat, memang bocoran iPhone kadang-kadang muncul. Beberapa bocoran ini terbukti akurat di masa lalu. Tapi tetap saja keamanan yang diterapkan di pabrik cukup ketat.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge