0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Petarung MMA Ini Tantang Para Ahli Kung Fu Untuk Bertarung

Ahli Tai Chi vs Petarung MMA. (Dok: Timlo.net/ Nextshark. )

Timlo.net—Petarung mixed martial art (MMA) Xu-Xiaodong menantang para ahli kung fu di Cina untuk bertarung. Dia sebelumnya mengalahkan seorang ahli Tai Chi dalam waktu 10 detik. Pertarungan Xu dan ahli bernama Wei Lei itu terekam dalam sebuah video viral. Wei sendiri mempraktikkan bentuk Tai Chi yang lambat dan tenang yang disebut gaya Yang.

Sebelum kemenangannya itu, Xu, 38, menyatakan jika seni bela diri tradisional sudah ketinggalan zaman dan hanya baik digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh. Menurut Beijing News, Xu mengaku jika gaya bertarung bebas atau tinju merupakan gaya bertarung yang lebih bisa diandalkan dalam pertarungan.

Dia lalu membuktikan ucapannya itu dengan mengalahkan Wei dengan mudah. Sang ahli Tai Chi itu bahkan tidak bisa bertahan menghadapi satu pukulan dari Xu. Pertarungan itu menimbulkan perdebatan di antara para netizen tentang seni bela diri tradisional Cina dan bela diri modern.

Beberapa netizen beranggapan jika Xu arogan, dan berharap jika seseorang akan mempermalukan dia. Tapi netizen lain memuji sang petarung MMA karena berani mengungkapkan kepercayaannya. Dalam sebuah upaya untuk membuktikan keyakinannya itu, Xu menantang para ahli bela diri lain yang berpikir bisa mengalahkan dirinya. Tantangan ini dia tulis di sosial media. Dia menyatakan pertarungan itu bisa dimana saja dan dalam bentuk apa saja.

Dia bahkan berkata jika dia bisa mengalahkan dua atau tiga petarung sekaligus. Xu lalu menulis jika dia bisa saja kalah, tapi dia tidak takut mencoba. Petarung asal Beijing itu bahkan menawarkan 1,2 juta yuan sebagai hadiah dan berkata petarungan akan disiarkan di seluruh negeri.

Salah satu ahli bela diri yang menerima tantangannya adalah Lu Xing. Lu adalah presiden dari the Sichuan Tai Chi, sekolah gaya mendorong tangan. Dia menerima tantangan itu di Weibo karena ingin memberikan pelajaran kepada Xu.

“Dia benar-benar berprasangka buruk melawan seni bela diri tradisional dan kata-katanya menghina. Saya menantang dirinya jadi dia bisa memiliki pandangan yang segar tentang Tai Chi dan seni bela diri tradisional yang sebenarnya,” tulis Lu.

Dia juga mengaku 80 persen yakin bisa mengalahkan Xu. Menurutnya para ahli Tai Chi memiliki punggung, kaki dan tinju besi dan berlatih selama lebih dari 20 tahun. Ahli bela diri lainnya yang menerima tantangan itu adalah ahli Tai Chi asal Henan, Wang Zhanhai. Wang mahir dalam gaya bertarung Chen. Penantang Xu lainnya termasuk Li Shangxian, dari Guangzhou. Li berlatih gaya tinju Cina bernama Shaolin Meihua Zhuang. Yang terakhir adalah seorang biksu bernama Yi Long.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge