0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Tarif Dasar Listrik Sumbang Inflasi Paling Tinggi pada April

Kepala BPS Solo, R Bagus Rahmat Susanto (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo – Kota Solo mengalami inflasi 0,12 persen pada periode April 2017. Merangkaknya laju inflasi tersebut dipicu karena adanya kenaikan dari tariff daftar listrik yang mencapai 7,05 persen.

“Jika dibanding dengan periode sebelumnya, angka inflasi kota Solo cenderung naik. Karena sebelumnya terjadi deflasi sebesar 0,15 persen,” ujar Kepala BPS Solo, R Bagus Rahmat Susanto kepada wartawan, Selasa (2/5).

Menurut dia, dari hasil survey yang dilakukan pada April terjadi kenaikan pada indek harga konsumen. Kelompok pengeluaran yang mengalami kenaikan indeks harga yaitu, kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar naik 1,01 persen. Kelompok sandang naik 0,20 persen. kesehatan naik0,41 persen. pendidikan, rekreasi dan olahraga naik 0,21 persen dan kelompok transport, komunikasi dan jasa keuangan naik 0,87 persen.

“Komoditas utama penyumbang laju inflasi adalah tarif dasar listrik mencapai 7,05 persen. kemudian disusul bawang putih yang member andil sesebasar 0,25 persen,” jelasnya.

Sementara itu untuk kelompok pengeluaran yang mengambat laju inflasi, lanjut Bagus adalah kelompok bahan makanan yaitu turun 0,80 persen dan kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau turun 0,81 persen.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge