0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hardiknas, Mahasiswa UNS Gelar Unjuk Rasa, Ini Tuntutannya

Mahasiswa UNS menggelar unjuk rasa (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Ratusan mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar unjuk rasa di halaman Rektorat UNS, Kampus Kentingan Solo, Selasa (2/5). Unjuk rasa itu sempat ricuh antara pengunjuk rasa dan satpam UNS yang dipicu senggolan fisik antara keduanya.

“Kami Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se UNS menuntut enam hal, salah satunya menuntut untuk pemberian data Cost Structure Analysis (CSA) di setiap program studi pada seluruh fakultas di UNS setiap tahunnya,” tandas Koordinator Umum Aksi, Ilham Akbar saat menyampaikan tuntutan.

Aksinya unjuk rasa yang digelar dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tersebut, mahasiswa meneriakkan yel-yel serta memasang spanduk di halaman Rektorat. Unjuk rasa yang dijaga ketat oleh petugas keamanan kampus, mahasiswa mendesak agar bisa bertemu dan berdialog dengan Rektor UNS.

Awalnya mahasiswa diterima oleh Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan Prof Dr Dharsono. Tetapi Rektor UNS Prof Ravik Karsidi yang semula tidak berada di tempat, beberapa saat kemudian datang, dan menemui pengujuk rasa.

Mahasiswa juga menuntut kejelasan dan penghapusan pembayaran KKN tahun 2017 bagi mahasiswa angkatan 2014 yang sudah termasuk dalam Uang Kuliah Tunggal (UKT). Selain itu, menuntut kejelasan perincian tujuan dipungutnya iuran alumni terhadap mahasiwa, serta menolak adanya kenaikan beaya pendaftaran wisuda terhadap calon wisudawan UNS.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge