0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Walikota Solo Minta Sistem Sertifikasi Guru Ditinjau Ulang

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo menyerahkan penghargaan pada Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional di Stadion Sriwedari, Selasa (2/5) (dok.timlo.net/ichsan rosyid)

Solo —¬†Pemerintah Kota Solo meminta Pemerintah Pusat meninjau kembali sistem sertifikasi guru. Sistem yang berlaku saat ini dinilai terlalu memberatkan guru. Dampaknya, output pendidikan tidak meningkat sesuai harapan.

“Sertifikasi yang sekarang ini fokusnya bukan pada kualitas pendidikan. Tapi lebih kepada administrasi saa,” kata Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo usai Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional, di Stadion Sriwedari, Selasa (2/5).
Orang nomor satu di Kota Solo itu mengaku sering menerima keluhan guru penerima tunjangan sertifikasi. Mereka keberatan dengan banyaknya beban tugas administrasi pendidikan yang harus diselesaikan demi mendapatkan tunjangan. TK jarang, guru-guru lebih memprioritaskan pekerjaan administratif daripada mengajar di kelas.
“Kalau memang mau sertifikasi, harus diperbaiki. Kriterianya jangan kerapian administrasi tapi pada kualitas pendidikan,” kata Walikota.
Ia mengusulkan, agar Pemerintah Pusat mengurangi tugas administratif guru. Sebagai ganti, pemberian tunjangan sertifikasi diberikan berdasarkan kualitas pendidikan, di mana prestasi anak menjadi indikatornya.
“Kalau prestasi murid meningkat baru dapat sertifikasi. Kalau sama saja atau malah menurun dari sebelumnya, sertifikasi bisa dicabut,” terangnya.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge