0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Godok Tiga Raperda Inisiatif, Pansus Kerja Maraton

Ketua DPRD Wonogiri, Setyo Sukarno (dok.timlo.net/tarmuji)
Wonogiri — DPRD Wonogiri dalam pekan ini bakal bekerja maraton menindaklanjuti hasil rapat paripurna yang digelar Kamis (26/1) lalu tentang Reperda Inisiatif produk Badan Legislasi Daerah (Balegda). Menyikapi hal itu, DPRD kemudian membentuk tiga panitia khusus (Pansus) akan menggodok Raperda yang menyangkut permasalahan pemerintahan desa.
“Ada tiga buah rancangan peraturan daerah (Raperda) inisiatif yang akan dibahas oleh Pansus. Meliputi Raperda pengelolaan aset desa, Raperda penetapan desa, dan Raperda tentang perubahan atas Perda Nomor 22 Tahun 2012 tentang Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah,” kata Ketua DPRD Wonogiri, Setyo Sukarno, Selasa (2/5).
Dijelaskan, Perda pengelolaan aset desa nantinya diharapkan dapat mengamankan aset, menyeragamkan sistem dan prosedur pengelolaan aset. Juga memberikan jaminan kepastian hukum dan mengoptimalkan pemanfaatan aset desa. Khusus penetapan desa, Setyo menyebut ada 251 desa di 25 kecamatan di Wonogiri, namun keberadaannya belum ditetapkan dalam landasan hukum.
“Perda tentang pokok-pokok pengelolaan keuangan daerah perlu diubah, disesuaikan dengan peraturan terkini. Misalnya mengenai sistem administrasi pengelolaan keuangan, maupun pengaturan dana hibah, bantuan sosial. Juga soal laporan pertanggungjawaban APBD, investasi, atau sistem akuntansi keuangan,” katanya.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge