0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Buah dan Sayuran Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan

Makanan sehat. (Dok: Timlo.net/ Google Images)

Timlo.net—Salah satu menu diet yang dianggap sehat adalah salad. Biasanya orang menyiapkan salad dengan mencampur potongan berbagai buah dan sayur di atas mangkok. Setelah itu mereka akan menambahkan perasan jeruk atau sedikit garam sebagai perasa. Tapi apakah benar salad ini merupakan makanan yang sehat? Bisakah buah dan sayuran dicampur begitu saja? Menurut Times of India, asal mencampur buah dan sayuran bisa menimbulkan masalah kesehatan. Lantas bagaimana cara yang benar?

Buah bisa dikelompokkan sebagai buah yang asam, manis atau netral. Ada aturan yang harus kita ketahui jika kita ingin mengkombinasikan buah ke dalam salad. Aturan ini dibuat berdasarkan kecepatan mencerna buah dan sayuran yang berbeda. Bila kita asal mencampur buah dan sayuran, maka kita menghalangi asimilasi dan pencernaan makanan yang optimal.

Berikut ini beberapa aturannya:

Jangan campur melon dengan buah lain

Buah melon sebaiknya jangan dicampur dengan buah lain. Karena buah ini tidak akan bisa dicerna dengan baik bila dicampur dengan yang lain. Melon dicerna lebih cepat dibandingkan buah lain yang memiliki kandungan air tinggi. Hindari mencampur melon, semangka, belewah dan buah sejenis dengan buah lain.

Jangan campur buah asam dengan buah manis

Hindarilah mencampur buah asam atau agak asam dengan buah manis. Contoh buah asam adalah anggur dan strawberries. Buah agak asam misalnya adalah apel, delima dan persik. Sementara buah manis contohnya adalah pisang dan kismis. Bila kedua jenis buah ini dicampur, pencernaan kita akan terganggu. Tetapi, Anda boleh mencampur buah asam dengan yang agak asam.

Untuk alasan yang sama, Anda sebaiknya jangan mencampur jambu dan pisang. Beberapa penelitian menyatakan jika keduanya bisa membuat rasa mual, sakit kepala dan asidosis bertambah parah.

Jangan campur buah dan sayuran

Buah dan sayuran dicerna secara berbeda. Buah dicerna lebih cepat. Bahkan para ahli nutrisi berkata jika buah sudah dicerna sebagian begitu mencapai perut. Buah juga memiliki lebih banyak kandungan gula. Kandungan gula rupanya mencegah proses pencernaan sayuran.

Untuk alasan yang sama, jangan mencampurkan jeruk dengan wortel. Bila dikonsumsi bersama keduanya bisa menimbulkan rasa mulas dan membuat aktivitas empedu meningkat.

Jangan campur pati dengan protein tinggi

Beberapa buah mengandung pati secara alami. Buah ini contohnya adalah pisang hijau dan pisang raja. Sementara sayuran memang biasanya mengandung pati. Contohnya adalah jagung, kentang, kacang tunggak, kacang hitam dan kastanye air. Anda sebaiknya jangan mencampur buah dan sayuran ini dengan buah dan sayuran berprotein tinggi. Contoh buah dan sayuran berprotein tinggi diantaranya adalah kismis, jambu, brokoli, dan bayam.

Bila dicampur, maka tubuh akan sulit mencerna. Sistem pencernaan akan bekerja ganda karena butuh asam untuk mencerna protein dan basa untuk mencerna pati.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge