0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Diperiksa KPK, Rizal Ramli Buka Suara Soal BLBI

Rizal Ramli (merdeka.com)

Timlo.net – Mantan menteri, Rizal Ramli, bersaksi di depan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia mengaku akan membeberkan seluk beluk pemberian Surat Keterangan Lunas bagi penerima Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (SKL-BLBI).

“Hari ini, saya datang ke KPK memenuhi panggilan untuk didengar keterangan dan pandangan saya terhadap kebijakan SKL BLBI,” ujar Rizal, Selasa (2/5).

Panggilan ini bukan yang pertama. Pada 22 Desember 2014, Rizal juga pernah diminta KPK untuk menyampaikan tentang SKL BLBI.

Dia menduga, kali ini KPK ingin lebih mendalami proses dan mekanisme lahirnya kebijakan SKL BLBI. Sebab, kebanyakan hanya memahami persoalan pidana tapi kurang memahami proses lahirnya kebijakan itu. Sebab, jika landasan hukum dan filosofi dalam pengambilan kebijakan salah, bisa berdampak luas dan menimbulkan berbagai skandal korupsi.

“Itulah sebabnya saya berpendapat bahwa kebijakan bisa dipidana apabila dalam kajiannya mengandung aspek-aspek kriminal, yang biasa saya sebut sebagai crime policy, kebijakan kriminal, karena memang didesain untuk hal-hal yang buruk,” jelasnya.

Rizal mengaku pernah memberikan penjelasan soal kebijakan berujung pada kasus korupsi ke mantan Jaksa Agung Baharudin Lopa sebagai bahan acuan tim hukum di Kejaksaan Agung. Hal yang juga pernah disampaikan kepada Komisioner KPK era Bibit S Riyanto saat Rizal diminta menjelaskan lika-liku lahirnya kebijakan Bailout Bank Century pada 2009.

“Saat itu, Pak Bibit meminta saya hadir di KPK guna menjelaskan ihwal bailout Bank Century secara tertutup. Pak Bibit ketika itu ditemani pengacara KPK, Ahmad Rifai. Saya berharap, keterangan saya kepada penyidik KPK hari ini bermanfaat dan bisa dipakai sebagai referensi dalam mengungkap tuntas kasus BLBI,” ucapnya.

[noe]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge