0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Terlalu Lama Bermain Gadget Picu Mata Silinder

Siswa-siswi SD melakukan pemeriksaan mata sebelum menerima kacamata gratis dari Dompet Dhuafa di Taman Gesang, Taman Satwa Taru Jurug, Senin (1/5). (ichsan rosyid)

Solo – Gangguan Penglihatan pada anak usia sekolah disinyalir banyak dipicu penggunaan gawai yang berlebihan. Hal ini diketahui dari banyaknya penderita gangguan mata silinder dari anak-anak penerima kacamata gratis di Taman Gesang, Senin (1/5).

“Kebanyakan mengalami gangguan silinder karena sekarang mereka terlalu sering menggunakan gadget seperti handphone dan tablet,” kata Direktur Medika Dompet Dhuafa, Erwi Mukhtaruddin di sela acara.

Pria yang juga berprofesi sebagai dokter mata itu mengatakan, belakangan ini banyak anak usia sekolah yang mengalami silinder. Hal ini disebabkan seringnya mereka memandang layar handphone, tablet, dan televisi. Terlebih saat bermain game, anak bisa memandang layar hingga berjam-jam nonstop.

“Kebiasaan bermain gadget berlama-lama itu penyebabnya. Itu juga banyak dialami para peserta (pembagian kacamata gratis),” kata dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, Dompet Dhuafa membagikan 100 kacamata gratis untuk anak-anak usia sekolah di Solo. Acara tersebut merupakan salah satu upaya Dompet Dhuafa untuk meningkatkan kualitas masyarakat di bidang pendidikan. Gangguan penglihatan merupakan salah satu faktor yang mengganggu kemampuan belajar anak.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge