0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pengawasan Lemah, Hak Buruh Banyak Dilanggar

Hudi Wasisto saat memberikan sambutan (foto: Setyo)

Solo — Serikat Pekerja Nasional (SPN) Solo menilai pengawasan yang dilakukan birokrasi pemerintah terhadap kesejahteraan buruh masih lemah. Hal itu terbukti dangan masih banyaknya temuan dan laporan mengenai pelanggaran yang dilakukan perusahaan kepada para buruh di kota Solo.

“Kami melihat masih banyak temuan pelanggaran yang dilakukan oleh perusahaan terhadap para karyawan. Misalnya seperti gaji yang belum sesuai UMK dan minimnya perusahaan dalam mendaftarkan karyawannya dalam program pensiun BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Ketua SPN Solo, Hudi Wasisto kepada wartawan, Senin (1/5).

Menurut dia, banyaknya temuan pelanggaran tersebut mestinya dapat diminimalisir apabila ada keaktifan dari birokrasi pemerintah dalam melakukan pengawasan. Karena hal itu menyangkut nasib buruh terhadap hak yang harus diterima.

“Mestinya pemerintah itu saat melakukan pengawasan jangan hanya berdasar pada laporan pengusaha atau personalia semata. Tapi juga harus dicek betul kepada karyawan yang bersangkutan atau serikat pekerjanya agar pelanggaran ini bisa ditekan,” jelas dia.

Sementara itu Kasi urusan pengupahan Disnaker Solo, Toto Santoso dalam kesempatan yang sama menyampaikan tidak menampik tudingan tersebut. Menurutnya cukup banyak kendala yang dihadapi dalam melakukan proses pengawasan terhadap perusahaan.

“Apalagi sejak awal tahun ini kewenangan soal pengawasan diambil alih oleh provinsi. Tentu ini juga menjadi kendala tersendiri bagi kami untuk melakukan follow up saat terjadi temuan atau laporan pelanggaran,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge