0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Buruh Minta PP 78 Dicabut

Hudi Wasisto saat memberikan sambutan (foto: Setyo)

Solo – Serikat Pekerja Nasional (SPN) kota Solo mendesak supaya Peraturan Pemerintah (PP) 78 tahun 2015 tentang pengupahan dapat segera dicabut. Pasalnya regulasi tersebut dianggap justru banyak merugikan para kaum buruh dalam memperjuangkan kesejahteraannya.

“Kita berharap PP 78 segara dicabut. Karena cara penghitungan upah dengan mempertimbangkan aspek inflasi dan pertumbuhan ekonomi sangat merugikan buruh,” ujar Ketua SPN Solo, Hudi Wasisto kepada wartawan, Senin (1/5).

Menurut dia, penghitungan upah buruh semestinya harus dilakukan berdasarkan kenaikan harga secara riil melalui survey yang dilakukan setiap bulan. Pasalnya kenaikan harga kebutuhan pokok yang terjadi dipasaran bisa terjadi setiap saat.

“Mestinya kalau ingin ada kesejahteraan terhadap buruh bukan kepada inflasi,tapi harga yang berlaku dipasaran,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga menyoroti kinerja dari BPJS Ketenagakerjaan dan Disnaker yang dirasa kurang optimal dalam melakukan pengawasan terhadap perusahaan. Hal itu berkaca kepada kondisi saat ini, dimana masih banyak ditemukan pelanggaran yang dilakukan perusahaan terhadap para karyawan. Baik soal gaji, jaminan ketenagakerjaan dan yang lain.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge