0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Guru Tidak Dipercaya, Sekolah di Cina Tayangkan Langsung Suasana Mengajar di Kelas Untuk Orang Tua

Siaran langsung kondisi kelas. (Dok: Timlo.net/ Nextshark.)

Timlo.net—Para orang tua di Cina sekarang bisa mengawasi anak-anak mereka saat belajar di sekolah. Sekolah-sekolah yang ada di sana mulai menerapkan sebuah sistem yang kontroversial. Dalam sistem itu, rekaman situasi mengajar di kelas ditayangkan langsung secara online.

Dengan log in ke dalam siaran langsung ini, para orang tua bisa menyaksikan apa yang dilakukan anak-anak mereka di sekolah. Layanan ini disediakan oleh sebuah firma disebut Shuidi Zhibo. Sejauh ini sistem itu memperoleh tanggapan beragam dari para netizen Cina. Mereka yang tidak setuju dengan sistem ini menyatakan jika cara ini melanggar privasi siswa.

Menurut Daily Mail, Shuidi Zhibo sudah memasang ratusan saluran siaran langsung, mulai dari taman kanak-kanak, sekolah dasar hingga SMA di seluruh negara itu. Di beberapa sekolah, pengawasan ini bahkan diperluas hingga koridor, kantin dan asrama.

Sistem ini muncul karena pemberitaan baru-baru ini di mana beberapa guru menyiksa muridnya. Akan tetapi walaupun ini bisa menjadi cara menenangkan hati orang tua, beberapa pengamat menyatakan sistem ini juga beresiko.

“Sesuatu yang terjadi di sekolah seharusnya tidak muncul dalam platform terbuka. Hal ini juga merupakan pelanggaran hukum terhadap privasi pribadi, keamanan data dan keamanan pribadi,” kata Zhou Ming, seorang pengacara di sebuah firma hukum Shanghai.

Para pengguna sosial media di negara itu berdebat tentang masalah ini juga.

“Seorang siswa di bawah sistem pendidikan aneh seperti ini akan memiliki masalah psikologis,” tulis seorang netizen.

“Menayangkan langsung sebuah asrama..untuk mereka yang memiliki puteri di sana, pernahkan Anda berpikir jika para pria bisa memperoleh akses untuk melihat puteri Anda sepanjang waktu,” tulis netizen lainnya.

Sementara itu, Shuidi Zhibo menjelaskan misi online mereka dalam sebuah pernyataan. “Terserah guru untuk membeli, memasang dan menggunakan kamera. Ini hanyalah operasi sukarela,” tulis mereka.

“Banyak orang tua ingin memahami kinerja dan kemampuan belajar anak mereka. Sekolah dan guru memahami permintaan orang tua dan memahami jika mereka ingin melihat kinerja anak di sekolah. Sejauh ini, kami tidak menerima keluhan dari orang tua ataupun siswa,” tambah mereka.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge