0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PTPN IX Ajukan Dana Rp 350 Miliar

Karanganyar – Peningkatan kapasitas dan kualitas produksi gula kristal melatarbelakangi PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IX mengajukan dana revitalisasi Pabrik Gula (PG) Tasikmadu Rp 350 miliar ke pemerintah pusat. Sasarannya pada perbaikan sarana dan prasarana pabrik.

“Belum tahu akan disetujui pemerintah pusat berapa, namun kami menghitung butuh Rp 350 juta untuk PG Tasikmadu,” kata Administratur PG Tasikmadu, Teguh Agung Tri Nugroho kepada wartawan usai tradisi cembengan, Jumat (28/4).

Sejauh ini, produksi gula perusahaan pemerintah itu belum mampu memenuhi kebutuhan domestik. Problem pada sarana dan prasarana perlu dicarikan solusi apabila Indonesia berniat swasembada gula pada 2019.

Ia menyebut revitalisasi merupakan salah satu upaya strategis. Ia mengukur kapasitas giling tebu per hari dari semula 3.000-an ton perlu ditingkatkan menjadi 4.000 ton. Ia mengaku bakal melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi untuk memaksimalkan pasokan tebu dari petani.

“Nantinya bakal bersinergi, pabrik bakal optimal dengan revitalisasi mesin begitu pula dengan peningkatan pasokan tebu,” imbuh dia.

Selain itu, pihaknya juga bakal melakukan perluasan lahan. Dari lahan seluas 5.000 hektare ditargetkan akan ditambah 2.000 hektare lagi.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge