0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dirjen Imigrasi : Jumlah Pelanggaran Keimigrasian Meningkat

Solo – Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Dr. Ronny F Sompie, SH, M.H menyatakan, pasca diberlakukannya Kebijakan Bebas Visa kepada warga negara asing dari 169 negara, telah terjadi peningkatan jumlah pelanggaran keimigrasian dari berbagai warga negara asing yang masuk dengan dalih wisata.

“Maraknya Irregular Migrants yang masuk ke wilayah Indonesia dengan modus operandi yang bervariasi ini disertai dengan berbagai kepentingan dan sarat akan potensi ancaman yang cukup berbahaya bagi stabilitas nasional di negara kita,” ungkap Ronny saat menjadi Keynote Speaker pada acara Penanggulangan Pelanggaran Keimigrasian Oleh Tenaga Kerja Asing, yang digelar Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret (UNS), di Solo, Sabtu (29/4).

Ronny menandaskan, kedaulatan negara di perbatasan dan di setiap pintu masuk ke wilayah Indonesia harus ditegakkan. Penegakan kedaulatan terhadap teritorial wilayah negara dilaksanakan oleh TNI, sedangkan penegakan kedaulatan negara terhadap setiap orang yang akan masuk atau keluar wilayah negara Indonesia dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Sedangkan untuk Pengawasan Keimigrasian, menurut Ronny, tidak saja pada orang asing yang akan memasuki wilayah Indonesia tetapi pengawasan Keimigrasian dilakukan kepada kegiatan orang asing yang berada di Indonesia. Pengawasan Keimigrasian dilakukan demi menjaga keutuhan wilayah Indonesia dengan cara menghalau kegiatan yang dapat mengancam keutuhan wilayah Indonesia dan menjaga kelestarian budaya bangsa yang terdiri dari ribuan suku dari Sabang sampai Merauke.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge