0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Siaga Bencana Berbasis Masyarakat, PMI Beri Pelatihan

PMI Melatih MTSB Sibat di Kerjo dan Jenawi (raymond)

Karanganyar — Pembekalan tanggap darurat bencana masyarakat di daerah rawan difasilitasi PMI Karanganyar melalui pendampingan terpadu di Kecamatan Kerjo dan Jenawi selama dua hari, 26-27 April 2017. Kegiatan tersebut bertajuk Manajemen Tanggap Darurat Bencana, Siaga Bencana Bermasis Masyarakat (MTDB Sibat).

“Mengajak masyarakat umum ataupun ormas agar sadar bahwa Indonesia memiliki daerah rawan bencana. Harapannya mereka akan siap untuk menghadapi bencana tersebut. Di sini kami membekali ilmu, materi, praktik serta simulasi tentang cara penanganan pertolongan pertama. Kemudian tata kelola yang baik dan benar,” ungkap Hendro Aji, Staf Penanggulangan Bencana PMI Karanganyar, kemarin.

Dijelaskan, wilayah Kabupaten Karanganyar merupakan salah satu daerah rawan bencana alam. Sehingga patut kiranya warga sipil memahami prinsip dasar kebencanaan. Kegiatan selama dua hari itu juga untuk menyambut Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN).

Dari pelatihan MTDB ini, diharapkan pemuda-pemuda di daerah rawan bencana mampu menyusun program mitigasi, terbentuknya posko siaga bencana lengkap dengan protap tanggap darurat untuk acuan di lapangan. Selain itu menjadi wadah relawan menambah keterampilan memberikan pertolongan pertama dan evakuasi bencana.

“Melalui pelatihan ini saya paham dan mengerti mengenai penanggulangan bencana dan pemberian pertolongan pertama. Ke depannya saya akan mensosialisasikan pada rekan-rekan di karangtaruna RT hingga dusun, ” ujar marwanto peserta pelatihan.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge