0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Peralihan Pasar Klewer ke E-Retribusi Dilakukan Bertahap

Kepala Dinas Pengelola Pasar Kota Solo, Subagyo (dok.timlo.net/dhefi nugroho)

Solo – Dinas Perdagangan menegaskan retribusi di Pasar Klewer tidak akan ditunda. Hanya saja, penarikan retribusi tetap dilakukan secara manual sampai sistem E-Retribusi siap berjalan. Peralihan ke E-Retribusi secara bertahap dilangsungkan seiring pendaftaran pedagang.

“Tetap kita tarik. Tapi manual. Wong sudah dua tahun bebas retribusi, dapat kios gratis. Mosok masih minta lagi,” kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Solo, Subagyo, Jumat (28/4).

Saat ini, menurut Subagyo, baru sekitar 10 persen dari 3550 pedagang pasar klewer yang siap menjalankan retribusi. Alat pembayaran pun belum terpasang sehingga penarikan retribusi belum bisa dilakukan.

Penarikan retribusi secara bertahap dilakukan saat alat pembayaran sudah dipasang oleh pihak bank. Pedagang yang sudah memiliki kartu pembayaran bisa langsung membayar dengan kartu. Sedangkan pedagang yang belum memiliki kartu akan ditarik retribusi oleh petugas secara manual.

“Kita sudah punya data otentik dan akurat. Yang sudah E-Retribusi dan yang masih manual tidak akan rancu,” kata Subagyo yakin.

Pendataan dan pendaftaran pedagang untuk mengikuti program E-Retribusi terus dilakukan Dinas Perdagangan bekerja sama dengan bank. Walaupun jumlah pedagang yang belum memiliki kartu masih sangat banyak, Subagyo yakin E-Retribusi akan bisa berjalan penuh Juni mendatang.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge