0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Awas! Ada Pupuk Bersubsidi Tiruan

Pupuk urea (foto: Agung)

Sragen –  Produsen pupuk meminta pada petani untuk cermat dalam menggunakan pupuk. Pasalnya ada sejumlah produk tiruan yang marak beredar di kalangan petani. Hal itu terungkap dalam acara diskusi antara produsen pupuk dengan  Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Sragen.

”Beberapa daerah menyerupai produk kita, terkait ada ijinnya atau tidak, kita tidak tahu,” kata Supervisor Petrokimia Gresik wilayah Sragen Boyolali dan Klaten, Sigit Cahyono, Jumat (28/4).

Menurut Sigit, produk tersebut memiliki desain yang mirip, termasuk kandungannya. Namun demikian dia tidak berani mengatakan, kalau pupuk tersebut palsu. Hsnya saja abal-abal lantaran menyerupai produk pupuk buatan Petrokimia.

Dia menyampaikan, banyak nama produk yang diplesetkan, demikian juga dengan logo yang cukup mirip dengan produk Petrokimia Gresik. Sedangkan terkait masalah hukum, pihaknya belum bisa memberi jawaban.

”Yang jelas teman-teman petani lebih jeli lagi dalam menggunakan pupuk, Kalau Sragen dulu ada banyak, sekarang belum ada temuan,” ujarnya.

Sementara hasil diskusi dengan KTNA, Sigit menyampaikan keluhan para petani akan menjadi bahan kajian.  Seperti permasalahan distribusi dan sebagainya pihaknya berjalan sesuai dengan aturan.

”Kita hanya menyediakan barang, karena regulasi seperti ini, kita hanya kuti jika tidak kita yang disalahkan,” ujarnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge