0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tak Ingin Berdemo Saat Mayday, Organisasi Buruh Ini Pilih Bagi-bagi Doorprize

Karanganyar – Ribuan buruh Kabupaten Karanganyar berencana menggelar gerak jalan dan senam massal menyambut May Day, 1 Mei mendatang. Itu merupakan aksi damai di Hari Buruh Internasional.

“Memang berbeda dengan daerah lain yang berdemonstrasi. Gerak jalan sehat menyambut May Day di Karanganyar akan menjadi yang kedua kali setelah tahun lalu juga memakai aksi damai,” kata ketua forum komunikasi buruh Karanganyar, Eko Supriyanto kepada Timlo.net, Jumat (28/4).

Lima organisasi buruh di Karanganyar mengerahkan ribuan anggotanya menyukseskan May Day. Sekitar 4.000 orang bakal turun ke jalan dalam kemasan olahraga santai bertabur doorprize di rute Taman Pancasila-Tegalgede-Plasa Alun-alun kota pada Senin (1/5) mendatang.

Mereka berasal dari Serikat Pekerja Kimia Energi dan Pertambangan (SPKEP), Serikat Pekerja Nasional (SPN), Rokok Tembakau Makanan dan Minuman (RTMM), Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) dan Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI).

Meski kegiatan santai, namun esensi memperjuangkan kesejahteraan buruh tetap disuarakan. Terlebih kegiatan itu akan dihadiri Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Bupati Karanganyar Juliyatmono.

“Aspirasi kaum buruh terkait penolakan PP 78 tahun 2015 tentang Pengupahan. Ia menyebut sistem outsourching jelas-jelas menindas para pekerja. Lalu, mereka juga menolak upah murah,” katanya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge