0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

9 Mahasiswa UNS Dapat Beasiswa Bakti Nusa

Saat mahasiswa UNS seleksi mendapatkan Beasiswa Bakti Nusa (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Sebanyak Sembilan (9) mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) mendapat beasiswa Bakti Nusa. Bakti Nusa diberikan Lembaga Pengembangan Insani (LPI) Dompet Dhuafa melalui Yayasan Pendidikan Bea Studi Indonesia kepada para aktivis mahasiswa Indonesia.

“Menurut saya beasiswa ini sangat menantang karena prosesnya yang panjang, apalagi harus di uji publik,” ungkap Faradiba, salah satu penerima manfaat beasiswa Bakti Nusa kepada Timlo.net, di Kampus UNS, Solo, Jumat (28/4).

Faradiba mengemukakan, untuk tahun 2017 ini, 9 mahasiswa dari UNS yang mendapatkan beasiswa dari total 64 penerima. Penerima beasiswa selain menerima uang Rp 800.000 setiap bulannya, dilanjutkan pembinaan seperti mengabdi ke daerah 3T dan dapat pembinaan bahasa asing.

Dijelaskan, proses yang panjang menjadi tantangan tersendiri bagi para mahasiswa untuk mendaftar beasiswa ini. Ada beberapa tahap yang harus dilalui mulai dari menyiapkan berkas administrasi hingga terpilih 24 orang, yang melanjutkan Focuss Grup Discussion (FGD) serta wawancara. Khusus seleksi di UNS, para calon penerima manfaat beasiswa bakti nusa ditugaskan untuk membuat video yang menceritakan mimpi mereka dan essay tentang gerakan yang sudah dijalankan oleh penerima manfaat beasiswa bakti nusa pada tahun sebelumnya yaitu Aksi Cinta Budaya Indonesia (ACBI).

Beasiswa ini, menurut Faradiba, berawal dengan tujuan untuk melahirkan pemimpin masa depan yang peduli terhadap permasalahan masyarakat, dan terus berupaya untuk berkontribusi menjadi solusi bagi kompleksnya problematika bangsa.

“Ada 12 kampus yakni Unsri, UNJ, UI, IPB, ITB, UNPAD, UGM, UNY, ITS, UNAIR, UNESA, dan UNTAN, serta UNS menjadi sasaran kampus yang mendapatkan beasiswa tersebut,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge