0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pasokan Blangko E-KTP Kurang, Ini Kata Walikota Solo

Antri permohonan e-KTP (dok.timlo.net/red)

Solo — Pemerintah Kota Solo berharap Pemerintah Pusat segera mengirim blangko tambahan e-KTP. Pengiriman diperlukan segera agar kekosongan blangko e-KTP tidak terulang lagi. Pasalnya, pasokan blangko yang belum lama ini dikirim ke Pemkot Solo masih jauh dari cukup.

“Masyarakat sangat membutuhkan KTP karena itu selalu digunakan setiap mengurus administrasi. Jangan sampai mau berobat saja tidak bisa karena tidak punya KTP,” kata Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo, Kamis (27/4).

Belum lama ini, Pemkot menerima kiriman e-KTP dari Pemerintah Pusat sebanyak 10 ribu keping. Namun jumlah tersebut dipastikan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan Kota Solo. Pasalnya, sejak terjadi kekosongan blangko e-KTP akhir Desember lalu, Pemerintah telah menerbitkan 17 ribu surat keterangan pengganti e-KTP bagi warga yang telah melakukan perekaman data. Di luar itu, Pemkot masih membutuhkan 8 ribu keping blangko untuk wajib KTP yang belum melakukan rekam data.

Dari informasi yang dihimpun, Pemerintah Pusat mencetak 7 juta keping e-KTP Maret lalu. Semuanya langsung didistribusikan daerah yang membutuhkan. Rencananya, Pemerintah Pusat akan mencetak lagi 18,9 Juta keping lagi pada tahap kedua.

“Tapi pengadaanya kapan, kami juga tidak tahu. Itu wewenang pusat. Mudah-mudahan sebelum yang 10 ribu ini habis, kita sudah dapat kiriman lagi,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Solo, Suwarta.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge