0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Warga Tawangmangu Adu Cepat Miliki Pratelan Sultan

Rombongan labuhan alit Gunung Lawu (raymond)

Karanganyar — Labuhan ubo rampe upacara Tingalan Jumenengan Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X di puncak Gunung Lawu sangat ditunggu warga Tawangmangu dan sekitarnya. Upacara adat tahunan itu menjadi hiburan menarik berbagai kalangan serta untuk ngalap berkah.

“Sesampainya di Tawangmangu, ubo rampe disemayamkan dulu di Padepokan Nano. Sambil menunggu pemberangkatan ke puncak Lawu, digelar pentas wayang kulit semalam suntuk di kantor Kelurahan Tawangmangu,” kata juru kunci Gunung Lawu, Surakso Hadi kepada Timlo.net, Kamis (27/4).

Labuhan alit 10 macam pratelan ageman Sri Sultan diberangkatkan pada Jumat (28/4) pukul 03.00 WIB dengan rute mongkongan-Penggik-Cokrosrengenge-Hargodalem. Lima abdi dalem Kraton Ngayogyakarta mendapat tugas itu. Di puncak Lawu, ubo rampe tersebut diletakkan di petilasan Brawijaya. Para abdi dalem kemudian turun dengan membawa ubo rampe yang sudah bersemayam selama setahun di upacara tingalan jumenengan sebelumnya.

“Nah, ubo rampe lawas itulah yang diincar para penduduk. Jauh-jauh hari sudah berpesan ingin memiliki pratelan ageman sultan. Mereka percaya hal itu mendatangkan berkah,” katanya.

Nantinya, para abdi dalem disambut kenduren saat turun

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge