0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Peredaran Rupiah Tahun Emisi 2016 Tembus Rp 240,3 Miliar

Bandoe Widiarto (Setyo Pujis)

Solo – Jumlah peredaran uang Rupiah tahun emisi 2016 yang dilakukan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo sampai dengan 25 April 2017 tercatat mencapai angka ratusan Miliar Rupiah. Peredaran uang tersebut dilakukan melalui beberapa pintu, diantaranya adalah kantor kas keliling, perbankan dan pembukaan loket penukaran di pasar tradisional.

“Dari data sampai dengan 25 April kemarin, jumlah peredaran uang rupiah baru tahun emisi 2016 tercatat telah mencapai Rp 240,3 Miliar,” ujar Kepala Kantor Perwakilan BI Solo, Bandoe Widiarto kepada wartawan, Kamis (27/4).

Dengan capaian peredaran tersebut, menurutnya dianggap sudah mampu mencukupi kebutuhan di Soloraya. Dan yang tidak kalah penting yaitu mendapat tanggapan positif dari masyarakat, dengan tidak adanya penolakan sebagai alat yang sah untuk bertransaksi .

“Respon masyarakat sejauh ini cukup positif, dan tidak terjadi penolakan seperti pada saat awal-awal diterbitkan dulu,” jelasnya.

Sementara itu terkait dengan jumlah uang yang masuk atau net inflow, Bandoe menjelaskan pada periode Maret 2017 cenderung terjadi penurunan dibanding bulan sebelumnya. Yaitu tercatat hanya sebesar Rp 0,53 Triliun pada Maret dan Rp 0,79 Triliun pada bulan sebelumnya.

“Kondisi ini kalau saya amati terjadi karena adanya peningkatan aktivitas ekonomi masyarakat. Sehingga kebutuhan akan uang tunai cenderung meningkat,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge