0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Segaran Bakal Dikembalikan ke Kondisi Aslinya

kondisi segaran pada tahun 1900 (tropenmuseum.nl)

Solo – Pemerintah Kota Solo segera menggarap restorasi kawasan Segaran di Sriwedari. Danau di tengah Kota Solo itu akan dikembalikan seperti kondisi aslinya saat pertama kali dibangun oleh Pakubuwana X.

“Kondisi sekarang sudah banyak berubah. Sudah banyak bangunan tambahan,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Solo, Endah Sitaresmi, Kamis (27/4).

Sita menerangkan kondisi Segaran banyak berubah dari segi fisik maupun fungsi. Luas danau buatan itu jauh berkurang sejak pulau di tengahnya beralih fungsi dari panggung musik keroncong menjadi restoran. Pengelola restoran belakangan mengaku kepada Pemkot memperluas pulau tersebut untuk kepentingan restoran. Danau yang dahulu menjadi tempat rekreasi keluarga Kerajaan itu pun mengalami pendangkalan karena sedimentasi.

“Nanti akan kita keruk, dan pulau di tengah akan kita kembalikan seperti semula. Jadi tidak seluas sekarang. Panggung musiknya juga akan kita kembalikan seperti dulu,” kata Sita.

Saat ini, DPUPR tengah menyusun Detailed Engineering Design (DED) kawasan tersebut. Sementara itu, sewa lahan Boga Resto di tengah Segaran sudah dihentikan Pemkot sejak awal tahun ini. Bangunan restoran pun sudah dibongkar.

“Jadi nanti DED selesai bisa langsung kita kerjakan,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge