0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Simulasi Water Rescue Sukarelawan Kebencanaan Karanganyar

Dua perahu karet berisi peserta simulasi water rescue (raymond)

Karanganyar — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar menggelar simulasi water rescue dalam rangka memperingati hari kesiapsiagaan bencana nasional di Waduk Tirtomarto, Delingan, Rabu (26/4). Dalam simulasi itu menceritakan delapan penumpang perahu karet tenggelam, tiga diantaranya meninggal dunia. Hujan deras yang mengguyur mempersulit evakuasi.

“Diikuti 150 peserta dari 30 organisasi sukarelawan di Karanganyar. Terbagi dua regu yang secara bergantian memdapatkan materi dan praktik,” kata Kepala Pelaksana Harian BPBD, Bambang Djatmiko kepada Timlo.net.

Berdasarkan pantauan, situasi berubah kacau akibat kecelakaan air yang merenggut nyawa tiga orang penumpang perahu karet. Dua korban lainnya mengalami luka sedang serta tiga sisanya luka ringan. Hanya saja, para korban belum dievakuasi.

Proses itu tidaklah mudah karena muncul gangguan dari keluarga korban yang histeris serta anggota sukarelawan yang gegabah. Seluruh situasi itu menurut Bambang menggambarkan kondisi sebenarnya di lapangan.

“Pelatihan ini meningkatkan kemampuan individu maupun kelompok,” kata Bambang.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge