0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penerapan E-Retribusi Pasar Klewer Ditunda

Pasar Klewer sOLO SUDAH BEROPERASI (dok.timlo.net/Indira Jayendra Iswari )

Solo – Penarikan retribusi secara elektronik (E-Retribusi) di Pasar Klewer dipastikan molor dari target semula pada 1 Mei 2017. Pemerintah Kota Solo mengakui program tersebut belum siap sepenuhnya lantaran beberapa kendala.

“Faktornya banyak. Kesiapan pedagang, administrasi di pemerintah dan bank, dan alat yang belum siap,” kata Kepala Dinas Perdagangan, Subagyo, Kamis (27/4).

Menurut Subagyo, saat ini baru 10 persen dari total 3.055 pedagang di Pasar Klewer yang siap menjalankan E-Retribusi. Meski semua pedagang asli Pasar Klewer telah mendaftar untuk mengikuti program tersebut, proses penerbitan kartu membutuhkan waktu yang tidak singkat. Selain itu, banyak pedagang baru yang berasal dari Pedagang Kaki Lima di sekitar Pasar Klewer yang belum mendaftar.

“Kami terus mendorong pedagang supaya segera mengurus. Kita sudah beri waktu yang cukup lama. Seharusnya mereka sudah menyiapkan,” kata dia.

Penerapan E-Retribusi di Pasar Klewer juga terkendala teknis. Pemkot masih menunggu pemasangan alat pembayaran dengan teknologi Near Field Communication (NFC) dari Bank BTN selaku rekanan pemkot untuk program E-Retribusi di Pasar Klewer. Rencananya, setiap lantai akan dipasang satu alat untuk memudahkan pedagang membayar.

“Nggak lama. Paling akhir Mei sudah siap semuanya, tinggal kita jalankan bulan selanjutnya,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge