0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sektor UMKM Dominasi Penyaluran Kredit

Wakil Ketua TPID Solo, Bandoe Widiarto (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo – Jumlah realisasi penyaluran kredit di Soloraya pada periode Meret 2017 mengalami peningkatan sebesar 11,42 persen secara year on year (yoy). Dari total capaian tersebut, realisasi penyaluran kredit pada sektor UMKM tercatat yang paling mendominasi.

“Jumlah penyaluran kredit untuk sector UMKM di Soloraya tercatat paling mendominasi, yaitu mencapai Rp 30,04 Triliuan. Angka itu meningkat 33,8 persen jika dibanding dengan periode yang sama tahun sebelumnya,” ujar Kepala Kantor Perwakilan BI Solo, Bandoe Widiarto kepada wartawan, Kamis (27/4).

Tingginya penyaluran kredit pada sector UMKM itu, menurut Bandoe tidak terlepas dari upaya pemerintah dan BI dalam melakukan pendampingan usaha. Sehingga keberdayaan mereka dapat meningkat dan menunjukan trend yang cukup positif terhadap perekonomian di Soloraya.

“Kalau kita amati kontribusi para pelaku UMKM di Soloraya ini cukup luar bisa jika dibanding daerah lain. Bahkan dari sisi kualitas kredit masih relative terjaga diangka 2,70 persen,” jelasnya.

Sementara untuk penyaluran kredit pada sector lainnya, lanjut dia juga menunjukan kondisi yang tidak kalah baik. Pasalnya untuk penyaluran kredit pada sector industry pengolahan mampu mencapai Rp 25,10 Triliun. Kemudian sector perdagangan besar dan eceran mencapai Rp 24,59 Triliun dan kredit konsumtif, tercatat telah mencapai Rp 18,86 Triliun.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge