0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tak Ada Kompensasi untuk Kios Kena Tiang di Pasar Klewer

Kepala Dinas Pengelolaan Pasar Kota Solo, Subagyo (dok.timlo.net/daryono)

Solo – Pemerintah Kota Solo tidak akan memberikan kompensasi khusus untuk pedagang Pasar Klewer yang kiosnya terganggu tiang. Dinas Perdagangan hanya menjanjikan potongan retribusi sesuai luasan kios yang termakan pilar pasar.

“Retribusi kita sesuaikan dengan kios yang baru,” kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Solo, Subagyo, Kamis (27/4).

Penyesuaian retribusi yang dimaksud Subagyo nantinya akan berlaku untuk semua pedagang pasar Klewer. Retribusi yang dikenakan akan dihitung ulang sesuai dengan luas kios yang baru dibandingkan dengan luas kios yang lama. Dengan demikian, belum tentu beban retribusi berkurang.

“Kan ada yang bertambah luas, ada juga yang berkurang karena desain, ada juga yang berkurang karena terkena tiang,” terangnya.

Keputusan tersebut sejatinya tidak beda dengan aturan yang selama ini berlaku. Beban retribusi dihitung berdasarkan kelas pasar dan Taksiran Nilai Tempat Dasaran (TNTD). Aturan yang sama juga berlaku di semua pasar tradisional di Surakarta.

“Teman-teman sudah kita beri pengertian dan mau menerima,” kata dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah pedagang Pasar Klewer terkaget-kaget saat melihat kios yang akan ditempati. Luas kios mereka berkurang karena adanya pilar di dalam kios. Terdapat 80 kios yang terdampak kesalahan penempatan kios dari total kios yang ada di Pasar Klewer.

“Ada yang termakan 20 x 75, 40 x 75, 60 x 75,” kata Subagyo.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge