0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BPJS Ketenagakerjaan Targetkan 25,2 juta Peserta

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto (foto: Setyo)

Solo – Badan Penyelanggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan targetkan jumlah kepesertaan mencapai 25,2 juta pada 2017. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggaet peserta dari sektor pekerja informal, seperti para pedagang di pasar tradisional.

“Secara keseluruhan, cakupan kepesertaan yang telah dicapai BPJS Ketenagakerjaan terhitung Maret 2017 untuk perusahaan adalah sebesar 379,6 ribu dengan pekerja aktif sebanyak 22,46 juta pekerja. Kita menargetkan tahun ini bisa tembus diangka 25,2 juta,” ujar Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto disela peresmian Pasar Klewer yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo, Jumat (21/4).

Guna merealisasikan target tersebut, dirinya mengatakan akan melakukan kerjasama dengan berbagai pihak termasuk pemerintah daerah. Pasalnya potensi untuk pekerja informal saat ini cukup besar, terutama dari para pedagang di pasar tradisional.

“Seperti yang dilakukan oleh Pemkot Solo ini tentu sangat kita apresiasi. Karena dengan adanya kewajiban para pedagang untuk menjadi peserta aktif dalam program BPJS Ketenagakerjaan akan sangat membantu mendongkrak jumlah kepesertaan,” jelasnya.

Oleh karena itu,ia berharap terobosan yang dilakukan oleh Pemkot Solo akan dijadikan sebuah pilot project untuk pasar tradisional di daerah lain. Pasalnya kolaborasi dengan sistem e-retribusi, para pedagang akan mendapatkan kemudahan untuk melakukan pembayaran sewa kios dengan iuran BPJS Ketenagakerjaan.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge