0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UNS dan Belitung Timur Sepakati Kerja Sama Bidang Pendidikan

Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Pemerintah Kabupaten Belitung Timur menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. (foto: Tyo Eka)

Solo – Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Pemerintah Kabupaten Belitung Timur menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Penandatanganan Nota Kesepakatan oleh Rektor UNS Prof Dr Ravik Karsidi, MS dan Bupati Belitung Timur Yuslih Ihza, SE di Rektorat UNS, Jumat (21/4).

“Tujuan kerja sama dengan Kabupaten Belitung Timur khususnya adalah untuk optimalisasi potensi di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dimiliki UNS agar dapat sinergis menunjang penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Belitung Timur,” jelas Rektor UNS Ravik Karsidi.

Ruang lingkup kesepakatan antara UNS dan Kabupaten Belitung Timur, meliputi peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan; penyelenggaraan kegiatan penelitian, pengabdian kepada masyarakat, pendampingan dan pengembangan yang sesuai dengan kepentingan kedua belah pihak; pertukaran informasi dan data ilmiah serta penyelenggaraan pertemuan ilmiah; pemanfaatan bersama fasilitas yang dimiliki keduabelah pihak untuk penelitian, pendidikan, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pengabdian kepada masyarakat; serta pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik mahasiswa UNS dalam rangka pemberdayaan masyarakat dan potensi daerah Kabupaten Belitung Timur.

Sementara itu, Yuslih mengatakan, untuk pertama kalinya pemerintah Kabupaten Belitung Timur menjalin kerjasama dengan UNS.

“Kerjasama ini adalah wujud impian kita meningkatkan mutu pendidikan, karena pendidikan adalah prioritas visi misi kabupaten Belitung Timur. Harapan dengan kerjasama ini dapat memberikan kontribusi kepada bangsa terutama Belitung Timur, dan tidak hanya sebatas kerjasama dalam bidang pendidikan. Semoga kedepannya bisa dikembangkan kerjasama yang lain” ujar Bupati.

Pada kesempatan itu, Ketua LPPM UNS Prof. Sulistyo Saputro mengatakan, inisiasi kerjasama dengan Kabupaten Belitung Timur sebelumnya telah diawali oleh Unit Pengelola Kuliah Kerja Nyata (UPKKN) LPPM UNS yang telah beberapa kali mengirimkan kelompok mahasiswa yang melakukan KKN tematik di wilayah kabupaten Belitung Timur. Beberapa tema KKN yang sudah dijalankan di Belitung Timur yaitu pemberdayaan di bidang ekonomi, pertanian, pariwisata, pendidikan dan sosial kemasyarakatan.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge